Nagan Raya  – Pujatvaceh.com – Hembusan angin kencang serta cuaca panas diduga menjadi penyebab lahan berkontruksi gambut itu kembali terbakar dan semakin meluas. Mirisnya, lahan yang terbakar merupakan lahan yang pekan kemarin sudah dilakukan pemadaman.

Selain faktor itu, pemadaman juga terkendala akibat sulitnya akses sumber air di kawasan tersebut yang membuat para petugas membutuhkan waktu berjam jam untuk mencari sumber air untuk pemdaman. Tim gabungan BPBD, TNI dan Polri hingga Kamis sore masih terus berjibaku untuk memadamkan api.

Kapolsek Darul Makmur, Ipda Pol Syahrul Akhyar mengatakan, sebanyak puluhan petugas dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api agar tidak meluas ke lokasi lainnya.

Aparat kepolisian memberikan peringatan keras kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, jika kedapatan maka akan dikenakan sanksi tegas oleh pihak kepolisiaan.

“Untuk lahan yang kembali terbakar kurang lebih 1 hektar dan merupakan lahan yang sudah kita padamkan 3 hari yang lalu. Kemungkinan disebabkan karena cuaca yang sangat terik dan angina kencang, serta upaya yang kita lakukan terus bersinergi ke lapangan untuk memadamkan api dibantu BPBD dan pihak lainnya,” tegas Ipda Syahrul.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments