Nagan Raya – Pujatvaceh.com – Dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke 77 tahun 2022 , sejumlah perlombaan tradisional dilaksanakan di berbagai daerah.Seperti yang dilaksanakan di Desa Blang Bintang,kecamatan Kuala, kabupaten Nagan Raya. Warga sangat antusias mengikuti lomba menunggang layang atau yang dikenal sebagai “Tunang Layang” dengan motif layang merah putih.

Kompetisi Tunang Layang ini telah lama menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat di Nagan Raya. Di Aceh terdapat berbagai macam jenis layangan tradisional yang begitu unik. Namun, dalam perlombaan yang diikuti oleh sebanyak 34 orang peserta ini,  diutamakan layangan dengan jenis berbentuk bulan ataupun elang.

Untuk penilaian dari lomba ini, berdasarkan kerapian layang , kestabilan terbang serta posisi layang yang terbang paling tegak , dengan lama durasi yang ditentukan oleh panitia, dengan ketinggian layang 300 hingga 500 meter.

Semetara itu, bagi pemenang lomba juara satu, dua dan tiga, nantinya akan diberikan hadiah berupa piala dan uang pembinaan.

Kepala desa Blang Bintang , Zulkarnaini mengatakan  dengan adanya kegiatan ini  diharapkan dapat mempererat hubungan persatuan masyarakat setempat.

Tak hanya lomba Geulayang Tunang, pemerintah gampong setempat juga menggelar lomba tujuh belasan lainnya buat anak anak ,seperti tarik tambang,  lari karung,  tebak kata dan bola volley.

“Tujuan kegiatan HUT RI ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan, dengan harapan agar masyarakat tetap terjalin kesatuan dan kesatuan masyarakat Gampong Blang Bintang adil dan makmur,” ucap Kepala Desa Gampong Blang Bintang, Zulkarnaini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments