Aceh Besar Pujatvaceh.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Kesehatan Aceh Besar terus berupaya dalam hal penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Aceh Besar. Dengan melibatkan seluruh stakeholder, Pemkab Aceh Besar bersama-sama melakukan sosialisasi dan pemahaman tentang bahaya virus Covid-19 dan terus melakukan razia penertiban protokol kesehatan (prokes).

Seluruh puskesmas-puskesmas yang berada di wilayah Aceh Besar juga ikut dalam mensosialisasikan prokes, serta pemberian vaksinasi terhadap warga. Sebab, puskesmas di setiap kecamatan merupakan ujung tombak dalam penanganan virus tersebut.

Salah satunya ialah Puskesmas Darul Imarah, Kecamatan Darul Imarah merupakan kecamatan yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak dibandingkan dengan kecamatan lain yang ada di Aceh Besar, perlu melakukan kerja ekstra. Baik sosialisasi prokes maupun pemahaman tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 disaat pandemi seperti sekarang ini.

Kepala Puskesmas Darul Imarah, dr. Nilawati, MKM mengatakan, meski belum mencapai target dalam pemberian vaksinasi terhadap warga, namun para nakes terus bekerja dan giat mensosialisasikan pemahaman-pemahaman terkait penanggulangan Covid-19.

“Kita usahakan minimal sampai 70% walaupun tidak sampai 100% karena kendala di lapangan banyak orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin. Namun kita tetap koordinasi dengan kepala sekolah dan memberikan arahan bagaimana tujuan vaksinasi itu sendiri,” ujar dr. Nilawati.

Meski demikian, warga Kecamatan Darul Imarah mengaku, saat ini berbagai upaya yang dilakukan oleh petugas kesehatan Darul Imarah sudah cukup baik. Selain itu, warga juga merasa sangat terbantu dengan pelayanan-pelayanan kesehatan yang di berikan petugas puskesmas selama pandemi Covid-19 mewabah di kecamatan mereka.

“Menurut saya sudah bagus karena sudah disediakan swab antigen, sudah dilakukan sosialisasi kampung-kampung juga. Sudah sangat bagus karena mengedukasi masyarakat yang mungkin belum paham,” ucap Aulia, warga Gue Gajah, Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar.

“Penanggulangan disini bagus karena kita juga bisa memenuhi persyaratan untuk administrasi CPNS yaitu swab antigen gratis,” kata Dinda, Warga Jeumpet, Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar.

“Selama pandemi bagus pelayanannya, antriannya juga tidak terlalu lama,” ujar warga Darul Imarah.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments