Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com – Para kader Partai Aceh disambut dengan tradisi adat menunggangi kuda dari masyarakat suku Alas. Sebelum dilakukan tradisi adat menunggangi kuda, para tamu Partai Aceh dikenakan pakaian adat suku Alas dan mempersiapkan diri di Depan Stadion Haji Syahadat Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara.

Iring-iringan kuda pun dimulai dengan persiapan pengawalan sejumlah pemuda yang juga siap untuk mengiringi rombongan para tamu Partai Aceh.

Setelah selesai persiapan, arak arakan dimulai menggunakan puluhan kuda serta iring-iringan warga, arak-arakan diperkirakan berjarak lebih kurang 5 km dan diakhiri di halaman Kantor Partai Aceh di Desa Mbarung, Kecamatan Babussalam.

Anggota DPRA Fraksi Partai Aceh, Yahdi Hasan mengatakan, tradisi menyambut para tamu dengan menunggangi kuda merupakan adat suku Alas dan masih terus akan dilestarikan, karena bagi suku Alas merupakan penghormatan kepada para tamu. Acara tradisi menunggangi kuda adat suku Alas ini adalah salah satu tradisi unik budaya yang harus terus dilestarikan dan diperkenalkan kepada dunia.

“Prosesi penyambutan tamu kemarin kita sambut dengan adat budaya Aceh Tenggara yakni dengan menunggangi kuda. Jadi kita perlu kita tunjukkan pada dunia khususnya kepada para pejabat dari Partai Aceh bahw Aceh Tenggara punya adat budaya yang harus dilestarikan,” kata Yahdi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments