Aceh Barat –Pujatvaceh.com –  Guna mencegah terjadinya praktek pungli, Tim Satuan Tugas Saber Pungli Kabupaten Aceh Barat melakukan inspeksi mendadak atau sidak, di ruang Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Atau Samsat dan Kantor Satpas SIM Polres Aceh Barat.

Kegiatan penggerebekan dan pengeledahan tersebut dipimpin langsung Wakapolres Aceh Barat, Kompol Aditia Kusuma, serta melibatkan pokja penindakan yang terdiri dari unsur Propam Polri dan Penyidik Satpol PP Pemkab Aceh Barat.

Penggeledahan dilakukan di setiap loket pelayanan, lemari dan laci loket di kantor samsat dan satpas sim. selain itu, sidak juga dilakukan di kantor satuan lalulintas atau satlantas polres setempat.

Meski tidak ditemukan uang pungli, sidak yang dilakukan di kantor pelayanan publik itu, membuat petugas di kantor tersebut kaget dan panik.

Wakapolres Aceh Barat, Kompol Aditia Kusuma mengatakan, sidak dilakukan setelah adanya laporan warga terkait dugaan praktek pungli di salah satu kantor pelayanan publik. Namun setelah dilakukan penggeledahan dan pemeriksaan, tidak ditemukan adanya pungli.

“Salah satu aduan tapi belum terjadi praktek pungli namun demikian ada potensi pungli. Jadi setelah kita telusuri diminta uang tambahan namun pelakunya diluar petugas pelayanan. Kemarin sudah kita interogasi dari petugas sudah kita luruskan permasalahan yang sebenarnya dan dari pihak masyarakat penerima layanan juga sudah mendapatkan solusi. Jadi setelah kita datangi lokasi kita laksanakan inspeksi dalam bentuk pemeriksaan loket loket pelayanan, jadi apakah terdapat atau ditemukan uang tunai namun berdasarkan hasil sidak tidak ditemukan adanya praktek pungli”  Kata Kompol Aditia Kusuma, Wakapolres Aceh Barat.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Barat untuk melaporkan kepada Polres, jika mengetahui dan melihat adanya oknum aparat polisi yang diduga melakukan pungli.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments