Banda AcehPujatvaceh.com – Insiden terperosoknya 1 unit truk bermuatan sembako di Pelabuhan Penyeberangan Kuala Bubon, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang hendak bertolak ke Pulau Simeulue beberapa waktu lalu, menjadi perhatian khalayak ramai. Pasalnya, pelabuhan penyeberangan tersebut baru saja dioperasikan.

Truk yang bermuatan bahan pangan dan barang elektronik itu tercebur karena kondisi cuaca buruk saat truk hendak naik ke kapal. Namun, datang ombak besar dan menghantam kapal yang sedang bersandar dan menyebabkan truk salah masuk jalur dan terjungkal ke laut.

Akibat insiden itu, Ketua Komisi II DPR Aceh, Irpannusir angkat bicara, dirinya meminta kepada pihak terkait agar dapat mengkaji ulang serta mengevaluasi keberadaan pelabuhan Kuala Bubon itu.

Irpan menilai, insiden tersebut mengindikasikan bahwa dermaga Pelabuhan Kuala Bubon tersebut belum layak difungsikan sebagai pelabuhan penyeberangan Kapal Ferry, karena idealnya pelabuhan penyeberangan tidak langsung berbatasan dengan laut lepas.

“Idealnya untuk pelabuhan penyeberangan harus ada teluk, sehingga jika ada angin atau ombak besar datang saat kapal masuk, tidak akan berpengaruh serta kapal bisa dikendalikan. Oleh sebab itu harus ada evaluasi tentang keberadaan Pelabuhan Kuala Bubon ini,” ujar Irpannusir.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments