Bireuen – Pujatvaceh.com – Pelayanan pemeriksaan ibu hamil kini sudah sangat mudah, para ibu hamil tak perlu lagi datang ke puskesmas ataupun ke rumah sakit yang jauh dari tempat tinggal, kini pasien cukup menunggu jadwal Ambulans Ultrasonografi (USG) datang ke desa, dan pelayanan ini gratis.

Kegiatan bakti sosial menggunakan mobil khusus ini baru pertama kali di lakukan, dokter purnama yang merupakan dokter spesialis kandungan ini mengunjungi ibu hamil ke tiga lokasi di desa pedalaman, yaitu Desa Samuti Makmur, Desa Mon Keulayu, dan desa Samuti Rayek dalam Kecamatan Gandapura.

Sebelumnya bakti sosial USG terhadap ibu hamil sudah dilakukan akan tetapi dengan cara mengumpulkan pasien ke satu titik, yaitu di puskesmas yang telah di tentukan, dianggap tidak maksimal.

Salah satu pasien, Nanda mengatakan, dengan adanya fasilitas USG ambulan khusus ini, sangat membantu bagi ibu hamil, selama ini masyarakat terkendala untuk melakukan cek kehamilan dikarenakan faktor lokasi yang jauh, biaya bahkan juga transportasi.

“Alhamdulillah dengan adanya mobil USG ini kami masyarakat sangat terbantu dengan adanya USG keliling ini. Jadi kami bisa yang pertama menghemat biaya karena perjalanannya pun jauh kadang-kadang ada juga yang tidak mempunyai kendaraan juga tidak tahu pergi dengan siapa, jadi dengan begini kami sangat terbantu sebagai masyarakat, untuk ini yang pertama dan kedepannya semoga bisa dibentuk lagi seperti ini“ tutur Nanda Saputri, Pasien USG.

Sementara itu dr. Purnama mengatakan, kegiatan bakti sosial menggunakan ambulans khusus ini baru perdana di lakukan di kabupaten Bireuen, dan kegiatan ini di fokuskan terhadap desa yang berlabel stunting.

“Yang kita utamakan adalah desa tertentu terutama desa-desa yang ada logo stunting, juga ibu hamil yang mengalami kekurangan energi kronis“ ujar dr. Purnama Setia Budi, SpOG, Anggota DPRA.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments