Foto: Penampakan Miniatur Kapal Pinisi

ACEH BARAT – PUJATVACEH.COM – Suatu keterampilan dan bakat jika ditekuni dengan baik, dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Seperti yang dilakukan seorang pria di Aceh Barat, berbekal limbah bambu bekas, ia membuat perahu – perahu pinisi yang indah menjadi karya seni bernilai jual tinggi.

Marwandi seorang pedangan ikan warga desa panggong kecamatan johan pahlawan, Kabupaten Aceh Barat ini, merupakan seorang pengrajin miniatur kapal pinisi, yang mampu mengolah limbah bambu menjadi miniatur bernilai jual  tinggi.

Dari tangan terampilnya itu, setiap bulannya pria ini mampu menghasilkan pundi – pundi rupiah hingga jutaan. Dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti pisau dan lem perekat. Ia mengolah limbah potongan bambu menjadi miniatur berbagai macam kapal yang mirip dengan aslinya, lengkap dengan pernak perniknya.

Miniatur kapal yang dirancang ini sangat bervariasi, mulai dari ukuran kecil hingga besar, satu bahkan sampai tiga meter. Untuk proses ppembuatannya, satu unit kapal miniatur ukuran kecil butuh waktu dua puluh hari sedangkan untuk ukuran besar memakan waktu hingga dua bulan pekerjaan.

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya.

Misalnya, salah satu contoh kapal miniatur bajak laut jenis black pearl milik Jack Sparrow berukuran satu meter, dibandrol dengan harga 15 juta rupiah. Sedangkan kapal miniataur pinisi berukuran sedang dibandrol dengan harga tujuh juta rupiah saja.

Usaha kreatif pembuatan kapal miniatur tersebut, sudah ditekuni Marwandi sejak tahun 2008 lalu. Selain mendapatkan penghasilan, pembuatan kapal miniatur ini merupakan bagian dari hobbinya.

Menurut Marwandi, keahlian membuat kapal ini diperoleh dari orang tuanya, yang merupakan seorang pembuat kapal nelayan di Kabupaten Aceh Barat.

“ini, pengalaman dan bakat keturunan dari orangtua, bapak saya dulunya seorang kepala tukang membuat bot (kapal), karena saya juga sering ikut beliau membuat kapal. jelasnya.

Berbekal ilmu yang dimiliki itu, kini hasil karya seninya mulai di jual ke berbagai derah.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments