Foto : Pengrajin Gerabah di Kota Langsa

LANGSA – PUJATVACEH.COM – Kerajinan gerabah merupakan karya seni terapan yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari hari, gerabah menghasilkan perkakas rumah tangga seperti kendi, periuk, belanga celengan dan berbagai benda lainnya.

Bahan dasar pembuatan gerabah, terbuat dari tanah liat yang kemudian dibakar dengan suhu tertentu. Pada proses pembakaran didiamkan selama 1 sampai 2 hari, lalu tanah liat digiling agar lebih rekat dan liat.

Di Indonesia sendiri hampir setiap pulau memiliki pembuatan gerabah, salah satunya di Aceh khususnya Daerah Langsa, tepatnya di Gampong Seurigit Blok G Nomor 06 Desa Serambi Indah Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa.

Untuk bahan baku sendiri di Langsa masih mencukupi, bahkan lebih untuk pembuatan kerajinan gerabah ini. Tetapi sayangnya Pemerintah Kota Langsa  belum memberikan perhatian khusus terhadap kerajinan gerabah tersebut.

Aswan biasaya membuat kerajinan gerabah dibantu oleh istri dan anaknya. Dalam sekali produksi, ia mampu mengahasilkan 200 buah kerajinan gerabah tipe besar dan untuk yang kecil 100 buah. Untuk harganya   ia mematok mulai dari 20.000 rupiah hingga paling tinggi senilai 1.700.000 rupiah, yaitu untuk kerajinan gerabah kursi satu set.

Sebelum pandemi, Aswan juga mengajarkan pembuatan gerabah ini kepada para siswa siswi yang ingin belajar secara gratis, karena ia berharap ilmunya dapat terus dilanjutkan dan dilestarikan.

“Saya mengajarkan pembuatan gerabah juga pada anak-anak yang ingin belajar secara gratis, jadi harapan saya ilmu pembuatan gerabah ini dapat terus dilanjutkan.”

Ia juga berharap Pemko Langsa dapat mendukung kerajinan gerabah ini sehingga usaha yang dijalankan dapat terus bertahan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments