Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Pemerintah Kota Banda Aceh meluncurkan program gerakan sadar zakat melalui mimbar-mimbar masjid saat pelaksanaan shalat jumat, yang akan disampaikan oleh para khatib jumat. Gerakan ini dilakukan agar warga kota dapat menyalurkan zakat-zakat mereka melalui Baitul Mal Banda Aceh, sehingga akan terjadi peningkatan penerima zakat untuk warga Banda Aceh di masa mendatang.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman merincikan, dalam kurun waktu lima tahun sejak 2017-2021, total penerimaan zakat di Baitul Mal Banda Aceh sebesar 81 miliar. Dari angka tersebut sebanyak 77 miliar telah tersalurkan kepada 52.788 penerima zakat. Selain itu, zakat baitul mal juga disalurkan pada tiap-tiap masjid yang ada di Banda Aceh.

“Dalam rangka kita menyalurkan dana Baitul mal yang terkumpul dari zakat infak dan wakaf kepada BKM masjid se kota Banda Aceh. Menggerakkan masyarakat kita baik yang ada di Banda Aceh maupun di manapun berada untuk menjadi sadar zakat karena tadi sudah kita sampaikan berbagai penyaluran zakat sudah dilaksanakan oleh Baitul mal kota Banda Aceh“ ujar Aminullah Usman, Wali Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Banda Aceh Asqalani mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan penerima zakat bisa mencapai 20 miliar atau kembali meningkat dari lima tahun terakhir.

“Membuat salah satu gebrakan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat menyalurkan zakat melalui Baitul mal. Perencanaan ini kita susun sematang mungkin dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di Baitul mal kemudian melebatkan juga badan kemakmuran masjid yang ada di seluruh kota Banda Aceh. Jadi ada 102 masjid yang besok hari Jumat ketika akan menyampaikan materi yang sama“ tutur Asqalani, Kepala Baitul Mal Banda Aceh.

Mengenai rincian zakat pertahun di Baitul Mal Banda Aceh, pada tahun 2017 zakat yang terkumpul sebanyak 13,9 miliar, 2018 naik menjadi 14,8 miliar, pada 2019 naik lagi 16,4 miliar. Namun saat pandemi covid-19 jumlah zakat kembali mengalami penurunan hingga 15,4 miliar pada tahun 2020 dan di tahun 2021 hanya 10,6 miliar. diharapkan pada tahun 2022 pengumpulan zakat bisa mengalami peningkatan kembali.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments