Aceh Utara – Pujatvaceh.com Kodim 0103 Aceh Utara meninjau lokasi pengerjaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 yang menyasar wilayah pedalaman Aceh Utara yakni Desa Gunci dan Desa Blang Mane, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara.

Program teritorial yang dicanangkan selama 30 hari ini, prajurit TNI akan membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan, salah satunya program pembangunan jalan sepanjang 3700 x 6 meter dan juga membangun rumah tak layak huni milik warga sekitar.

Selain itu, TMMD juga menyasar program non fisik yaitu donor darah, vaksinasi, sosialisasi wawasan kebangsaan bela negara, dan pengobatan massal secara gratis.

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol ARM Oke Kistiyanto mengatakan, daerah tersebut dipilih menjadi sasaran TMMD, karena merupakan daerah terisolir dan tertinggal, serta akses jalan penghubung juga masih terputus. Sehingga pembangunan ini nantinya diharapkan dapat berpengaruh pada akses untuk membangkitkan ekonomi warga dan percepatan proyek strategis Krung Keuruto.

Dalam program ini, pihaknya melibatkan 100 personil dari TNI serta dibantu oleh Polri dan masyarakat sekitar dengan  mengucurkan anggaran senilai 1,4 milyar rupiah.

“Jadi kita melihat ada pembangunan di sana namun kurang maksimal dan kita melihat potensi jika kita kembangkan jalan, ekonomi masyarakat akan meningkat dan anggaran yang diperlukan senilai 1,4 M,” Letkol ARM Oke Kistiyanto. 

Program TMMD ini ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan, daerah tertinggal, maupun wilayah terisolir. Selain itu, pihak TNI turut melibatkan unsur Pemerintah Aceh Utara dan segenap komponen bangsa.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments