Pidie Jaya – Pujatvaceh.com Dalam rangka memastikan kesehatan hewan ternak menghadapi meugang Idul Adha dan keperluan hewan kurban, kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Pidie Jaya meninjau beberapa kandang sapi warga. Seperti milik Bumdes Meunasah Mancang, Kecamatan Meurah Dua, dan Bumdes di Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya.

Dari 50 ekor sapi di bumdes tersebut, tidak ditemukan sapi yang memiliki gejala atau terinfeksi PMK hewan. Namun demikian, kadis juga mengimbau agar pemilik bumdes atau warga lainnya yang memiliki hewan ternak segera melapor kepada petugas peternakan kecamatan, jika ada gejala-gejala yang mencurigakan pada hewan ternak seperti mulut ternak berlendir atau muncul bengkak-bengkak di tubuh hewan ternak.

Selain itu, peternak juga diharapkan agar tidak melakukan transaksi keluar masuk hewan ternak dari daerah lain, sampai kondisi PMK benar-benar pulih di Aceh dan Indonesia pada umumnya.

Manager Bumdes Meunasah Mancang, Murthala mengatakan, sejauh ini dari 50 ekor sapi di kandang mereka, belum ada yang terjangkit PMK.

“Di sini ada 50 ekor sapi dan alhamdulillah belum ada yang terjangkit PMK dan alhamdulillah juga kami ada dikirim tim kesehatan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Pidi Jaya dalam membimbing kami untuk mengelola peternakan,” ujar Murthala.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Pidie Jaya, Syukri Itam saat meninjau keadaan sapi di Meunasah Mancang mengatakan, para peternak hewan harus lebih hati-hati dalam merawat ternaknya, sebab penyakit PMK saat ini sangat serius di dunia peternakan. Jika ada gejala yang mencurigakan pada fisik hewan ternak, maka dianjurkan segera melapor kepada petugas di kecamatan masing-masing.

“PMK ini adalah isu nasional, bahkan penyakit ini sudah masuk ke Aceh namun saat ini InsyaAllah kita mengambil langkah antisipasi jangan sampai terjangkit virus PMK. Kami juga berharap kepada peternak untuk berkoordinasi dengan petugas ternak yang ada di kecamatan apabila mendapat PMK pada hewan ternaknya,” ujar Syukri.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments