Aceh Barat – Pujatvaceh.com Puluhan hewan ternak jenis kerbau dan sapi di Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat kini mulai terpapar penyakit ngorok.

Penyerangan penyakit akut pada hewan ternak ini, mulai mengkhawatirkan bagi pertenak setempat. Setidaknya hampir sepekan ini, jumlah kerbau yang terjangkit penyakit ngorok sudah mencapai 10 ekor. Bahkan 1 ekor kerbau ditemukan mati secara mendadak diduga kuat akibat terpapar penyakit ngorok.

Pertenak yang khawatir akan keselamatan hewan ternaknya, sebagian terpaksa memilih menjual kerbau dengan harga yang miring.

“Kami khawatir karena penyakit ngorok ini mewabah di daerah kami, karena jika tengah malam sapi terkena ngorok, enggak dapat bantuan tapi jika terdeteksi bisa diberikan vaksin tapi justru sekarang vaksin juga tidak mempan. Ada 10 yang terkena satu yang mati,” ungkap Zamzami.

Sementara itu, Sekretaris Desa Ujong Tanoh Darat, Muhammad Andah mengatakan, penyakit ngorok yang menyerang hewan ternak milik warga sudah terjadi hampir sepekan ini. Meski demikian hewan ternak tersebut tidak dilakukan pengurungan di kandang, namun tetap dilepas di alam bebas dengan pengawasan pemiliknya.

Namun, guna mencegah terpaparnya hewan ternak dari penyakit Ngorok, pihak desa telah melaporkan kepada Dinas Perkebunan dan Pertenakan untuk melakukan pengobatan dan suntik vaksin pada hewan.

“Setiap ada laporan dari masyarakat kita langsung ke dinas untuk melaporkan sudah terjadi penyakit kerbau dan tanggapannya bagus. Menurut informasi, besok pihak dinas datang ke sini untuk melakukan penanganan,” ujar Andah.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments