Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Ratusan Alumni Dayah/Pesantren Babussalam dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Aceh padati komplek Dayah Babussalam Meulaboh menghadiri peringatan Haul Ke-18 Abu Syekh H. Abubakar Sabil atau Abu Mursyid (17/1/2022).

Acara tahunan ini diarangkai dengan Silaturahmi dan Rapat Kerja Rabithah Alumni Dayah Babussalam. Ketua Umum Rabithah Alumni Dayah Babussalam Abu H. Hasan Umar yang merupakan Pimpinan Dayah Madinatuddiniyah Aswal Hidayatussalam Aceh Barat ini memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang sangat luar biasa untuk mensukseskan acara dan menghadirkan Alumni dari berbagai Kabupaten/Kota Se-Aceh, turut hadir juga tamu undangan lainnya dari Pimpinan Dayah Pesantren di Kab. Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Jaya.

Sekretaris Panitia Tgk Sulaiman Ali, ST., MT menyampaikan, Alumni Dayah babussalam sudah terdata dengan baik sejak terbentuknya Rabitah Alumni atau Ikatan Alumni Dayah Babussalam dengan berbagai propesi perkerjaan baik sebagai Pimpinan Dayah/Pesantren, Aggota DPRK, TNI, Polri, Entrepreneur, Guru dan berbagai macam pekerjaan lainnya ujar Sulaiman Ali, ST., MT yang merupakan Sekretaris Umum Rabithah Alumni Dayah Babussalam.

Tgk Sulaiman Ali menambahkan, acara Silaturahmi dan Rapat Kerja Alumni tahun ini, berbagai masukan untuk program kerja kedepan serta rekomendasi dari berbagai alumni yang turut disampaikan oleh para alumni dayah babussalam dari Abu H. Mahmuddin Usman Pimpinan Dayah Serambi Aceh, Tgk Hasbi dari Aceh Utara Purnawirawan TNI, masukan lainnya juga disampaikan oleh Tgk Said Ahmad Anggota DPRK Gayo Lues dan Drs. Ibnu Khatab dari Aceh Barat. Acara ini di buka langsung oleh Abu Muslim HAS, anak kandung dari Almarhum Abu Mursyid ini menyampaikan rasa syukur dan gembira dengan kedatangan ratusan Alumni Dayah Babussalam pada Haul ke-18 ini, acara ini juga dirangkai dengan pembacaan manaqib biografi riwayat perjuangan Abu Syekh H. Abubakar Sabil yang dibacakan oleh Abu Zainuddin Amin Ketua MPU Kab. Nagan Raya dan di tutup dengan Dzikir dan Do’a oleh Abu H. Mahmuddin Usman Pimpinan Dayah Serambi Aceh

Almarhum Abu Syekh H. Abubakar Sabil atau Abu Mursyid merupakan Alumni tertua dari Dayah Darussalam Labuhan Haji Aceh Selatan dan murib tertua Abuya Muda Waly Al-Khalidi, Abu Mursyid masa hidupnya juga mendirikan 4 Dayah/Pesantren di Kab Aceh Barat dan Kab. Nagan Raya dan pada tahun 1945 juga ikut membela mempertahankan kemerdekaan RI yaitu dalam Gerakan pemuda Pesindo, Abu Mursyid juga masuk Tariqat Naqsyabandiah serta beliau juga khalifah suluk hingga menjadi mursyid, Abu mursyid juga aktif di organisasi Perti dan organisasi partai politik sejak tahun 1954 dan pada tahun 1962 diangkat menjadi Anggota DPRD Tingkat II Aceh Barat dan pada tahun 1977 menjadi Anggota DPRD Tingkat I Provinsi Daerah Istimewa Aceh ujar Tgk Sulaiman Ali. [*]

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments