Banda Aceh – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan telah mengirim surat kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Surat tersebut berisi kecaman keras terhadap agresi militer Israel terhadap Palestina.

Hal ini disampaikan oleh Ahmad Syaikhu usai menjadi Khatib Shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh, Jumat, 28 Mei 2021.

“Kami sudah jelas bahwa PKS sudah menyatakan sikap bahwa kita mengecam keras aksi yang dilakukan oleh zionis Israel,”ucap Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

Syaikhu meminta Pemerintahan Joe Biden agar menegakkan humanisme. Karena ini sesuai janji kampanye Joe Biden saat kampanye Pilpres di Amerika beberapa waktu lalu.

“Ya, di Pilpres beliau mengatakan akan menegakkan humanisme, jadi kita ingin melihat kalau beliau serius, coba tegakkan humanisme itu di Palestina,”bebernya.

Kemudian Syaikhu menyatakan dukungannya kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah mengecam keras tindakan zionis Israel. Namun, Sebagai Negara mayoritas berpenduduk Muslim. Seharusnya Indonesia dapat menjadi Leader dalam perpolitikan internasional. Seperti dalam Organisasi Konferensi Islam maupun di PBB, Indonesia dapat menyuarakan pembelaan secara konkrit terhadap Palestina.

“Kita meminta pemerintah jangan hanya sekedar menyatakan pendapat. Kita berharap pemerintahan Jokowi dapat menjadi leader didalam perpolitikan Internasional,”paparnya.

Ketegangan antara Palestina dan Israel sudah berlangsung selama nyaris lebih dari sepekan. Hal itu bermula dari langkah Israel yang hendak menggusur warga Palestina dari kawasan Sheikh Jarrah. Padahal, Sheikh Jarrah adalah wilayah yang diakui sebagai bagian dari otoritas Negara Palestina.

Warga yang menolak penggusuran itu kemudian menggelar perlawanan. Perlawanan pertama berupa unjuk rasa di kawasan Masjid Al-Aqsa pada pekan lalu. Israel merespon keras unjuk rasa itu, kemudian berujung pada bentrok antara warga dan tentara israel. Dari sana, situasi berkembang hingga pertempuran antara milisi Palestina (Hamas) dengan militer Israel di mana Gaza menjadi titik pusat pertempuran sengit tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments