Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Kepolisian Resor atau Polres Aceh Barat, melakukan penanaman pohon mangrove di sepanjang bibir pantai di kawasan Batu Putih, desa Ujong Kalak, kecamatan Johan Pahlawan, kabupaten Aceh Barat.

Penanaman mangrove yang dilakukan secara simbolis yang dilakukan langsung Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, dan juga turut dihadiri Danrem 012, Teuku Umar Kolonel Infanteri Riyanto, Dandim 0105, Aceh Barat Letkol Infanteri Dimar Bahtera, unsur forkopimda, LSM, serta prajurit TNI-Polri setempat.

Penanaman pohon mangrove ini dilakukan guna mencegah terjadinya banjir rob serta abrasi pantai, yang selama ini kerab menerjang permukiman warga. Sebanyak 3029 pohon mangrove tersebut, akan ditanam di sejumlah lokasi di kecamatan wilayah pesisir pantai Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso mengatakan, penanaman pohon mangrove dilakukan serentak di wilayah jajaran Polres kabupaten kota di Aceh. Dengan jumlah total sebanyak 77 ribu pohon.

Kapolres berharap, dengan adanya penanaman pohon mangrove tersebut, kedepannya mampu menangkal terjadinya abrasi dan banjir rob. Sehingga dapat melindungi permukiman warga yang berada di sepanjang bibir pantai.

“Kita melakukan penanaman pohon sebanyak 77.000 pohon mangrove secara serentak di seluruh kabupaten dan provinsi, ini merupakan suatu langkah untuk membuat lingkungan lebih sehat dan daya tahan lingkungan lebih stabil, adalah habitat dan juga perlindungan serta sumber alam untuk penangkal abrasi, untuk Aceh Barat sendiri kita menanam sebanyak 2029 pohon mangrove akan kita tanam di berbagai tempat“ kata AKBP Pandji Santoso, Kapolres Aceh Barat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments