Foto : Pegelaran Gema Savora SMP Arun Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE – PUJATVACEH.COM – Pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia tak terkecuali Aceh, bukan merupakan suatu halangan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, hal ini dilakukan oleh SMP Arun Lhokseumawe, yang menggelar lomba kompetensi siswa secara online dan menyerahkan hadiah secara langsung kepada pemenang di aula sekolah setempat, Minggu, (28/3).

Kreatifitas dalam mensiasati kondisi dan keterbatasan, terlebih di masa pandemi covid-19 sangat diperlukan, agar pendidikan tetap berjalan. Khususnya pendidikan karakter bagi peserta didik SMP Negeri Arun yang menggelar Gema Savora atau Gheumbak Meuh Festival of Religion and Art tingkat SD se-Kota Lhokseumawe.

Dalam ajang ini berbagai cabang kompetensi diperlombakan secara online. Para peserta kompetisi mengirimkan video karya mereka dan dinilai keasliannya oleh dewan juri yang terdiri dari guru-guru senior di SMP yang beralamat di kompleks PT Arun Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe.

Perlombaan di bagi dalam 5 kelompok, yang terdiri dari bidang keagamaan olahraga, kesenian dan budaya, sastra dan bahasa serta kompetisi sains yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam dan sosial. Penyerahan hadiah bagi para siswa harus didampingi kehadirannya oleh orang tua wali atau guru untuk mengawasi siswa selama aktivitas berlangsung.

Pada penyerahan hadiah bagi para pemenang, juga ditampilkan group band dari SMP Arun yang personilnya terdiri dari siswa sekolah tersebut. Begitu juga dengan tari-tarian daerah dan etnis turut memeriahkan acara pemberian penghargaan tersebut.

Fauzi Kepala SMP Arun menyebutkan bahwa Gema Savora ini bertujuan untuk menggali dan meningkatkan potensi akademik dan non akademik siswa sekolah dasar yang akan melanjutkan jenjang ke tingkat SMP kemudian diharapkan dapat mengembangkan sikap komparatif, mampu bekerjasama, tumbuhnya rasa percaya diri dan punya jiwa sportivitas yang tinggi dalam diri siswa.

“jadi kegiatan ini bertujuan untuk menggali ya, meningkatkan potensi akademik, non akademik siswa SD untuk ke SMP nantinya. Sebut Fauzi, Kepala SMP Negeri Arun Lhokseumawe.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe Abdul Malik mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh SMP Arun dan berharap agar sekolah lain juga bisa melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kompetensi dan kreatifitas siswa.

“Kegiatan ini bagus sekali ya, jadi kita sangat mengapresiasi dan juga berharap agar sekolah lain ikut melakukan hal yang sama,” ujar  Abdul Malik, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lhokseumawe.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments