LHOKSEUMAWE – PUJATVACEH.COM – Tumpukan sampah di kawasan pasar cunda, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, senin, 02/11/2020 pagi mulai menutupi badan jalan. kondisi ini sudah terjadi sejak enam hari terakhir.
Selain mengganggu para pedagang yang berjualan di dekat tumpukan sampah, kondisi ini juga mengganggu masyarakat sekitar akibat menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, disekitar lokasi pasar juga tidak terlihat adanya bin kontainer sampah.
Hal itu dikeluhkan oleh sejumlah pedagang yang berjualan di dekat tumpukan sampah, karena mengalami penurunan omzet.  Lantaran para pembeli enggan singgah, akibat bau tak sedap yang ditimbulkan dari tumpukan sampah tersebut.
Kondisi ini juga mengganggu aktivitas masyarakat sekitar dan para pengguna jalan yang saat ini tidak bisa melintasi jalan akibat ditutupi oleh tumpukan sampah.
M Yunus salah seorang pedagang mengaku, akibat tumpukan sampah tersebut dirinya terpaksa tidak berjualan hampir tiga hari. Karena tidak ada pembeli yang singgah ditempatnya.  Akibat bau tak sedap yang ditimbulkan.
“Sudah tiga hari tidak berjualan, pembeli tidak mau singgah karena bau sampah, kalau bisa segera diangkat sampah-sampah ini agar kami bisa berjualan seperti biasa,”kata M.Yunus penuh harap.
Kepala Desa Keude Cunda Tarmizi kepada PUJATVACEH mengatakan, tumpukan sampah berasal dari masyarakat di sejumlah desa di kawasan kecamatan muara dua  bahkan kecamatan banda sakti yang sengaja membuang sampah ditempat ini.
“Sampah ini berasal dari masyarakat disejumlah desa di muara dua, yang dari banda sakti pun ada yang sengaja buang sampah dilokasi itu,”Ujar Tarmizi, Kepala Desa Keude Cunda.
Tarmizi mengaku, sebelumnya telah ditempatkan bin kontainer sampah di lokasi ini,  namun telah dipindahkan oleh pihak terkait sejak enam hari terakhir.
Foto : Kepala Desa Keude Cunda Tarmizi
Dirinya meminta walikota lhokseumawe suadi yahya agar menurunkan tim dari badan lingkungan hidup dan kebersihan atau kota setempat,  untuk menindaklanjuti persoalan sampah tersebut.
“Kami minta pak walikota agar menurunkan tim dari dinas kebersihan kota untuk menangani sampah ini,”pintanya.
Menanggapi hal itu, kepala bidang kebersihan blhk Kota Lhokseumawe marsidan mengatakan,  bin kontainer sampah yang sebelumnya ditempatkan di lokasi pasar. Tidak diizinkan lagi ditempatkan dilokasi itu oleh disperindagkop Kota Lhokseumawe. Atas dasar itu pihaknya langsung memindahkan bin sampah tersebut.
“Sebelumnya dilokasi itu ada bin sampah, tapi disperindagkop tidak mengizinkan lagi ditempatkan bin sampah disitu, kami langsung memindahkan dari lokasi,”Kata Marsidan, Kabid Kebersihan BLHK Kota Lhokseumawe.
“Sewaktu kami pindahkan, sudah terlebih dahulu kami koordinasikan dengan perangkat desa setempat, karena memang tidak ada lagi tempat untuk bin kontainer sampah dilokasi itu,”ujarnya.
Marsidan menambahkan, pihak blhk akan secepatnya mengangkut sampah yang sudah menutupi badan jalan tersebut. Serta kedepannya akan melakukan koordinasi dengan pihak desa terkait penempatan bin kontainer sampah agar sampah tidak kembali berserakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini