Aceh Utara – Pujatvaceh.com – Untuk meningkatkan mutu dan daya saing produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, mendukung agar seluruh pelaku usaha untuk segera mendapatkan izin edar produk melalui evaluasi dari Badan Pengawasan Obat Dan Makanan (BPOM).

Menurut Fauzi Yusuf, saat ini banyak produk UMKM unggulan mulai dari makanan hingga obat-obatan di Aceh Utara, baik yang dijual secara langsung maupun melalui online shop, sehingga perlu dukungan dari BPOM untuk mengawasi registrasi dan memudahkan izin edar berbagai produk UMKM tersebut.

Hal itu diungkapkan dalam kegiatan penyebaran informasi korporasi tentang pentingnya nomor izin edar pada produk obat dan makanan, yang digelar oleh balai besar pengawas obat dan makanan di Banda Aceh, di Aula Setdakab Aceh Utara, Selasa siang, 17 Mei 2022.

“Kita mengikuti apalagi sekarang ada narasumber dari BBPOM hari ini supaya kita akan mengawal ada produk-produk yang ingin izin dari BBPOM kita akan mengawal secepat mungkin. Oleh karena itu, hari ini kita bekerja sama dengan BBPOM Aceh untuk mengawal supaya izin usaha ini cepat, supaya masyarakat kita juga tidak tersendat perizinan BBPOM“ tutur Fauzi Yusuf, Wakil Bupati Aceh Utara.

Kegiatan penyebaran informasi korporasi tentang pentingnya nomor izin edar pada produk obat dan makanan ini, diikuti oleh para petugas kesehatan, guru, tokoh masyarakat hingga duta wisata. Para peserta diberikan pemahaman tentang pendampingan UMKM agar para pelaku usaha dapat terbantu dalam hal registrasi produk, pemahaman tentang keamanan pangan, hingga pentingnya izin edar suatu produk. Diharapkan agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat, terutama para pelaku UMKM di Aceh Utara.

“Korporasi disini ada kolaborasi pendampingan UMKM dalam hal registrasi dan izin edar produk obat dan makanan, artinya ini adalah salah satu kegiatan kita BBPOM Banda Aceh yang diinisiasi oleh kepala balai terkait bagaimana kita melakukan pendampingan UMKM supaya UMKM ini bisa terbantu dalam hal registrasi produk“ ujar Nurlinda Lubis, Koordinator Infokom BBPOM Banda Aceh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments