Banda AcehPujatvaceh.com – Terhitung sejak tanggal 17 Juli 2022 lalu, warga Kota Banda Aceh mulai berbondong bondong ke SPBU untuk melakukan pendaftaran Mypertamina untuk peroleh solar dan pertalite subsidi di SPBU.

Pertamina telah merilis daftar kota terbaru yang wajib melakukan pendaftaran untuk membeli solar dan pertalite mengunakan Mypertamina dan Provinsi Aceh termasuk dari 50 kabupaten/kota yang tersebar di 27 provinsi yang wajib menggunakan Mypertamina.

Warga Banda Aceh pun antusias untuk melakukan pendaftaran, seperti yang terlihat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kawasan Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Banda Aceh, dan warga terus berdatangan untuk melakukan registrasi.

Namun kebijakan tersebut baru akan diberlakukan bagi pemilik kendaraan roda empat seperti truk, kendaraan pribadi dan kendaraan niaga, namun bagi pemilik kendaraan roda dua belum diberlakukan kebijakan tersebut.

Meski antusias warga terlihat, namun disisi lain ada juga masyarakat yang masih merasa keberatan dengan pemberlakuan tersebut.

 “Kurang tepat, konsumen dengan ekonomi kebawah dengan aplikasi ini (mypertamina) saya rasa itu tidak bagus.” ujar Jailani, warga. 

“ Sebetulnya agak terbantu dan ada juga mempersulit ,” ucap Muna, warga.

Sejauh ini, PT. Pertamina baru melakukan uji coba terhadap penggunaan Mypertamina secara bertahap di berbagai SPBU di Banda Aceh.

Di Banda Aceh, sebagai kota yang wajib menggunakan Mypertamina, PT. Pertamina menyediakan 5 booth yang tersebar di 5 SPBU untuk melakukan registrasi maupun berkonsultasi.

Lima booth tersebut yakni di SPBU Jalan Teuku Nyak Arief, Lamnyong, Banda Aceh, SPBU Jalan Mohd Hasan, Batoh, SPBU Jalan Twk Hasyim Banta Muda, Gampong Mulia, kemudian SPBU Jalan Imum Lueng Bata, Cot Masjid dan SPBU Jalan Teuku Umar, Gampong Sukaramai.

Sonny Indro Prabowo, Manager Pertamina Pemasaran Banda Aceh mengatakan, pembukaan booth link ini sudah dibuka sejak 17 Juli lalu. Hal ini dilakukan apabila nantinya Mypertamina sudah diberlakukan, masyarakat yang ingin registrasi tidak membludak di SPBU. Meski Mypertamina bisa didaftarkan melalui link yang sudah disebarkan, namun terkadang masyarakat terkendala saat melakukan registrasi.

“Kami pilih 5 SPBU terutama yang memang sentra-sentra ramai, kedepannya nanti setiap SPBU akan menjadi booth of line yang bisa membantu konsumen untuk mendaftar ,” kata Sonny.

Sementara itu, petugas registrasi di SPBU Batoh, Nikky mengatakan, saat ini animo masyarakat sudah cukup lumayan untuk melakukan registrasi.

“Cara mendaftar hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit , dengan membawa STNK dan KTP, kemudian mendaftar mypertamina dan langsung diapproved oleh Pertaminyanya ,” ungkap Nikky.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments