Lhokseumawe-Pujatvaceh.com- Lembaga Permasyarakatan bukan hanya sebagai tempat untuk menjalani hukuman, melainkan juga untuk membekali keterampilan para warga binaan saat kembali ke lingkungan masyarakat.

Salah satunya dengan pelatihan pembuatan furniture yang dilakukan lembaga permasyarakatan  Klas II A Lhokseumawe, bagi puluhan warga binaan di lapas tersebut.

Mereka diajarkan proses pembuatan berbagai macam furniture, seperti kursi, meja kerja, hingga rak buku, oleh instruktur dari kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Kepala seksi bimbingan kerja lapas Kelas II A Lhokseumawe, Ridwan Daud, mengatakan, Pelatihan ini digelar selama dua puluh hari ini bertujuan untuk mempersiapkan warga binaan agar memiliki keterampilan saat kembali ke lingkungan masyarakat. Selain itu, warga binaan juga diajarkan sejumlah keterampilan lainnya, seperti teknik pengelasan hingga cara menjahit.

Pelatihan itu disambut antusias puluhan warga binaan, yang mulai terampil mebuat satu-persatu furniture seperti yang diajarkan oleh instruktur.

“Kami selalu memberikan bimbingan kepada warga binaan kami, mudah mudahan dapat bermanfaat ketika sudah bebas nanti. Selama ini kami latih kemandirian dalam segala bidang, tujuan ketika waktu bebas bermanfaat bagi dia untuk menghadapi masyarakat diluar” Ujar Ridwan Daud, Kepala Seksi Bimker Lapas Klas II A Lhokseumawe.

Sementara itu, salah seorang warga binaan, hendra rida mengaku, pelatihan pembuatan furniture ini sangat bermaanfaat bagi para warga binaan. Selain mengasah keterampilan, juga mengisi kekosongan para warga binaan saat menjalani masa hukuman.

“Cukup bermanfaat karena ini dapat mengasah skill kami ketika kami sudah keluar nanti dan terjun ke masyarakat. Mungkin skill ini yang akan kami pergunakan kedepannya” Kata Hendra Rida, Warga Binaan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments