Lhokseumawe–Pujatvaceh.Com – Pendaftaran Calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada pemilu 2024 mendatang, dibuka secara serentak pada rabu 21 September 2022 tadi.

Pada hari pertama, jumlah pendaftar di kantor panitia pengawas pemilihan (panwaslih) Kota Lhokseumawe mencapai puluhan orang. Para calon peserta akan menjalani verifikasi berkas administrasi, sebelum menjalani serangkaian test lainnya, untuk menjadi anggota Panwascam.

Dalam rakruitmen yang akan dilakukan hingga 27 september 2022 ini, Panwaslih Lhokseumawe menyediakan kuota khusus untuk peserta perempuan sebanyak tiga puluh persen dari kebutuhan anggota.

Nantinya pihak panwaslih akan menetapkan tiga anggota Panwascam yang telah melewati seleksi di setiap kecamatan, dengan satu pengawas dari kalangan perempuan.

Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe, T. Zulkarnaen, mengatakan para peserta calon Panwascam, yang akan direkrut nanti harus mampu bekerja penuh waktu. Serta para pendaftar dari kalangan pns atau terikat pekerjaan lain, maka harus mampu membuat surat berhenti sementara atau izin cuti dari pekerjaan sebelumnya, sehingga fungsi pengawasan pemilu dapat dilakukan secara maksimal.

Zulkarnaen memperkirakan partisipasi masyarakat untuk mendaftar sebagai pengawas pemilu akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hingga saat ini peserta calon panwascam yang telah mendaftar juga telah lebih dari 80 peserta.

Untuk memudahkan pendaftaran, pihaknya membuka pendaftaran secara langsung, atau mengirimkan berkas calon peserta melalui kantor pos, bahkan pendaftaran juga dibuka hingga hari sabtu dan minggu.

“Pada perekrutan kali ini ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan pemilu 2019, khususnya untuk kaum perempuan. Jadi kalau seandainya pendaftar perempuannya itu tidak memenuhi 30 persen maka akan dilakukan perpanjangan selama lima hari untuk kita buka khusus yang perempuan yang tidak memenuhi kuota 30 persen. Dasarnya juga kita lihat dari pengunjung website yang setiap hari mengalami tren peningkatan. Hari ini sudah mencapai 900 orang pengunjung di website. Agar proses ini mudah maka panwaslih kota Lhokseumawe menyediakan sarana untuk pengambilan formulir pengiriman formulir bisa langsung ke kantor atau melalui pos. Jadi bisa mengambil formulir di website lalu mengirimkan via pos juga boleh”  Ujar T. Zulkarnaen, Ketua Panwaslih Kota Lhokseumawe

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments