Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Wabah penyakit virus PMK mulai menyerang hampir 2 ribu ternak ruminansia di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Untuk itu, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Azis meminta kepada dinas terkait agar memastikan hewan qurban dan daging untuk masyarakat pada hari Idul Adha terbebas dari PMK dan sehat, serta penyembelihan hewan qurban di Hari Raya Idul Adha, diharapkan sesuai SOP yang sudah dikeluarkan oleh MPU.

Untuk konsumsi daging di Hari Raya Idul Adha diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir, karena menurutnya daging yang disembelih pada Hari Idul Adha merupakan daging terbaikgoo yang sudah ada pengawasan dari pihak terkait.

Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Azis mengatakan, sekarang ini di Aceh Besar sudah ada vaksin dan vitamin dari kementerian bagi ternak yang terjangkit PMK. Serta dinas terkait sudah melakukan pengawasan bagi hewan yang sudah terjangkit PMK. Namun mengenai pengobatan dan vitamin bagi hewan ternak, dirinya berharap obat dan vitamin ini bisa diberikan gratis sehingga para peternak tidak terbebani dalam hal pengobatan ternak yang terjangkit wabah PMK.

“Penanggulangan PMK di Aceh Besar ini yakni sudah ada vaksin dari Kementerian, kemudian ada obat-obatan, vitamin dan sebagainya untuk hewan ternak. Namun diharapkan ini membantu peternak agar jangan sampai terbebani dengan biaya obat tersebut yang kita harapkan bisa diberikan gratis,” kata Zulfikar.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments