Banda Aceh – Pujatvaceh.com – Harga daging saat hari pertama meugang  di Kota Banda Aceh  mengalami kenaikan sekitar 20 hingga 30 ribu Rupiah per kg. Pada hari sebelum meugang, harga daging dijual antara 140 hingga 150 ribu per kgnya, kini naik menjadi 170 hingga 180 ribu Rupiah per kg. Seperti di kawasan tempat penjualan daging yang berada di kawasan Beurawe, Kota Banda Aceh, Kamis 30 Maret 2022.

Kenaikan harga daging bertepatan dengan  hari meugang, karena sebelum memasuki bulan puasa, setiap masyrakat Aceh membeli daging untuk dimasak dan disantap bersama keluarga.

Seorang pedagang daging di kawasan tersebut, Heri mengatakan, harga daging dijual tergantung dari kualitas daging itu sendiri, namun untuk harga di hari meugang mengalami sedikit kenaikan, karena saat hari meugang sebelum memasuki bulan puasa, masyarakat Aceh membeli daging untuk dimasak dan disantap bersama keluarga.

Heri menambahkan, kenaikan ini dipicu karena harga sapi yang dibeli mengalami kenaikan, sehingga pedagang juga harus menaikkan harga daging.

“Harga daging di tempat saya bervariasi dari harga  180 ribu dibawah nya pun ada yang 170 jadi intinya kualitas nya beda-beda, semakin mahal kualitas nya semakin bagus, ini karena harga sapinya waktu kami beli di pasar itu mahal sekali makanya harus dikasih naik harga sedikit” Ujar Herri, Penjual daging

Sementara itu di tempat yang sama, seorang penjual daging lainnya Bukhari mengatakan, harga daging dijual 180 ribu Rupiah per kg, dan harga tersebut mengalami kenaikan karena sebelumnya dijual 150 ribu rupiah per kg .

“Harga daging 180 ribu rupiah, kalau di hari biasa 150 ribu rupiah, harga naik karena ini merupakan hari meugang” Kata Bukhari, Penjual daging.

Sementara itu seorang warga,  Netti mengatakan, harga daging meugang yang mengalami kenaikan antara Rp 170 ribu  hingga Rp 180 ribu dirasakan cukup mahal, namun menurut Neeti merupakan hal yang biasa terjadi disetiap hari meugang.

“Untuk harga hari ini 170 ribu rupiah, hari ini saya hanya membeli satu kg saja untuk persiapan puasa jadi tidak perlu banyak pakai daging. Untuk harga daging 170 ribu hari ini menurut saya agak mahal karena biasanya 130 – 140 ribu kisaran harganya, tapi karena meugang menjadi melonjak ” Ujar Netti, warga

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments