Banda Aceh Pujatvaceh.com – Kegiatan toet apam merupakan kuliner warisan budaya yang sudah ada sejak zaman indatu, namun di zaman sekarang tradisi toet apam kian meredup, sehingga perlu ada upaya mentradisikan kembali berbagai kegiatan kebudayaaan demi bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya. Salah satunya seperti mengadakan Festival Toet Apam yang berlangsung di Anjungan Kota Banda Aceh, Komplek Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh, Sabtu (5/3/22).

Festival Toet Apam yang bertajuk “Budaya Aceh Keneubah Indatu” tersebut mendapat antusias dari warga, serta memperebutkan Piala Ketua DPRK Banda Aceh. Di festival itu, terdapat 11 perwakilan kelompok ibu ibu yang berasal dari se-kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh dengan rincian per-kelompok terdiri dari 7 orang peserta perwakilan, sehingga jumlah keseluruhan peserta sebanyak 70 orang.

Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengatakan, Festival Toet Apam merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali tradisi kuliner indatu di Kota Banda Aceh, sekaligus membangkitkan wisata kuliner untuk menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung ke Kota Banda Aceh.

“Ini bagian dari upaya kita untuk mengingatkan lagi pada masyarakat Aceh khususnya di Kota Banda Aceh bahwa kita punya tradisi yang selama ini mungkin kita kenal di luar Banda Aceh. Namun di Banda Aceh sangat sulit kita temukan orang yang menjual kuliner apam khas Aceh,” ujar Farid Nyak Umar.

Dalam festival tersebut, para peserta bersama para pengunjung lainnya bisa menikmati kuliner khas Aceh itu bersama sama. Salah seorang pengunjung, Zakia mengaku, ia sangat menikmati kuliner toet apam yang memberikan sensasi rasa yang berbeda dari kue khas lainnya, menurutnya menikmati kuliner khas Aceh ini bisa membuatnya ketagihan.

“Rasanya nikmat sekali, mungkin bagi yang awal mencoba akan ketagihan,” ungkap Zakia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPR-RI (Nasir Djamil), anggota DPD-RI (M. Fadhil Rahmi), PLT Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh (Muhammad Ridha), Ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar dan Masyarakat (IMPM) Mutiara Raya (Zulmahdi Hasan), Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Banda Aceh (Nurmiati), serta turut hadir juga Camat Mutiara Kabupaten Pidie (Saiful Amri), serta Danramil Mutiara beserta tamu undangan lainnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments