Pertunjukan virtual kesenian Pase sosialisasi mulainya televisi digital di Aceh.

Lhokseumawe, Puja TV: Kementerian Kominfo Pusat menggelar pertunjukan virtual kesenian Pase atau Piasan Pase di kota Lhokseumawe yang dipusatkan di pendopo Bupati Aceh Utara yang berada di Pusat kota Lhokseumawe.

 

Tidak hanya pertunjukan kesenian yang digelar pada event tersebut, tiga narasumber dari institusi berbeda dihadirkan untuk mendukung sosialisasi berakhirnya televisi Analog pada 30 April 2022 dan digantikan dengan televisi digital.

Tiga nara sumber yang terdiri dari Elok Berutu.ST. MT selaku pengendali frekuensi radio ahli muda pada Balai monitoring Aceh. Kemudian Masriadi Sambo S.Sos. M.Kom.i sebagai Kabid perizinan Komisi Penyiaran Indonesia wilayah Aceh, dan terakhir Yusril, S.Sos, MM yang menjabat koordinator Teknik TVRI Aceh.

Ketiga Nara sumber membahas keunggulan Televisi digital, selain bersih dan jernih suaranya juga gratis tanpa berbayar, masyarakat cuma menyediakan Set Top Box untuk mendapatkan siaran televisi digital di wilayah masing-masing.

 

Pada pertunjukan virtual kesenian Piasan Pase yang disebarluaskan secara streaming di kanal YouTube Kemkominfo TV, KSBN TV, PUJA TV News dan Siaran Digital Indonesia menampilkan tiga tarian tradisional Aceh seperti Tari Meuhidang dan Tari limong siekarang serta tari Poh kipah yang dikolaborasikan dengan rapai geleng, dan yang terakhir Tarian Troen u laot, seluruh tarian di tampilkan oleh sanggar Cut Meutia Meligoe Aceh Utara dibawah pimpinan istri Bupati Aceh Utara Hj Cut Ratna Irawati S.E,

Selain itu tampil juga seniman Aceh Zoel Pase dengan seni bertutur atau Ratoeh juga memberikan penjelasan kepada publik Aceh terkait keunggulan Televisi digital dan perjalanan televisi mulai dari hitam putih hingga kini bisa menikmati televisi yang bersih dan jernih .

 

Pada sesi lain sepuluh warga Aceh Utara dan kota Lhokseumawe dari berbagai profesi mendapatkan set top box dari kemkominfo Pusat sebagai simbolisasi bahwa sebulan lagi Aceh siap beralih ke televisi digital.(*)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments