Aceh Besar – Pujatvaceh.com- Demi tetap menghidupkan perekonomian warga kemukiman saree yang mayoritas sebagai penjual berbagai produk dan makanan oleh-oleh kepada masyarakat pelintas Jalan Nasional Banda Aceh – Medan, para tokoh dan masyarakat Saree Aceh Besar, meminta kepada pimpinan daerah aceh besar agar memperjuangkan pembukaan pintu gerbang keluar masuk tol si banceh di kawasan Saree Aceh Besar.

Hal itu diungkapkan masyarakat Saree saat melakukan pertemuan dengan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan para pimpinan forkopimda setempat, yang berlangsung di saree pada selasa 7 maret 2023.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat saree, bustami, yang juga ketua asosiasi pedagang saree mengatakan, jika jalan tol tidak dibuka di kawasan Saree, maka dikhawatirkan perekonomian masayarakat saree yang mayoritas penjual oleh-oleh bagi pelintas jalan nasional tersebut akan menurun drastis.

Karena berdasarkan survei pihak masyarakat setempat, saat terjadinya longsor di wilayah Saree beberapa waktu yang lalu, banyak penguna jalan memilih jalur alternatif via Laweung, sehingga lintasan Saree pun lumpuh total, dan pendapatan masyarakat saree menurun. terlebih apabila situasi jalan tol si banceh selesai dibangun, otomatis kebanyakan dari masyarakat akan memilih jalur tol, ketimbang melintas jalan pasar Sareee.

Dan hal itu pasti akan berdampak kepada perekonomian masyarakat saree, untuk itu warga setempat meminta supaya pintu tol bisa di buka di kawasan saree, sehingga ada pilihan bagi pelintas jalan tol untuk singah di Saree.

“70% penurunan penjualan di Saree karena macet jalan dan bahkan akan menjadi 90% jika tol dibuka setidaknya jika ada jalan tol disini dan pintu tol dibuka orang bisa mampir biarpun mereka akan naik jalan tol lagi nantinya” ucap ketua Asosiasi Pedagang Saree, Bustami

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments