Bireun  – Pujatvaceh.com –  Pelaksanaan Uji Mampu Baca Alquran bagi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di KIP Bireuen yang dilakukan sejak Juli lalu dan terakhir, Minggu 912/08/2023) kemarin, pelaksanaan  sudah selesai, kecuali apabila ada bacaleg pengganti setelah Daftar Calon Sementara (DCS) diumumkan.

Seperti yang dilansir Serambinews.com, Hal tersebut disampaikan Ketua KIP Bireuen, Saiful Hadi SE MM yang didampingi  Safrizal SPd komisioner membidangi divisi teknis pada Senin 914/08/2023). Pelaksanaan uji mampu baca Al Quran sudah dilakukan tiga kali, jumlah bacaleg yang telah mengikuti tahapan tersebut tahap pertama 435 orang kemudian tahap kedua 89 orang dan terakhir  46 orang, jumlah seluruhnya 570 orang. Berdasarkan data diperoleh, jumlah bacaleg yang didaftarakan seluruh parpol pada saat pertama uji mampu membaca Al Quran mencapai 813 orang.

Safrizal mengatakan, kegiatan uji mampu baca Al Quran sebagaimana ketentuannya tidak dilaksanakan lagi, kecuali setelah pengumuman bacaleg melalui Daftar Calon Sementara (DCS). Setelah DCS diumumkan  diberi ruang kepada masyarakat untuk menanggapi. Setelah itu, mungkin ada bacaleg yang mengundurkan diri, berhalangan tetap atau sebab lainnya sehingga mengundurkan diri maka partai dapat menggantikan dengan nama lain, maka akan dilaksanakan uji mampu baca Al Quran bagi bacaleg pengganti. Jadwal uji mampu baca Al Quran bagi bacaleg pengganti menurut ketetapan yang sudah ada  yaitu pada 4-5 Oktober mendatang.

“Pengumuman DCS direncanakan pada 19 Agustus 2023, setelah itu mungkin ada bacaleg yang berhalangan tetap, mengundurkan diri atau sebab lainnya, maka partai apabila menggantikan dengan bacaleg lain baru dilakukan uji mampu baca Al Quran,” ujar Safrizal SPd.

Safrizal m,enambahkan, dalam uji mampu baca Al Quran, pada Minggu (12/08/2023) sebanyak 50 orang bacaleg didaftarkan masing-masing parpol untuk mengikuti uji mampu baca Al Quran. Dari jumlah 50 orang, 46 orang hadir mengikuti tahapan tersebut, empat orang lainnya tidak hadir.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini