Aceh Barat – Pujatvaceh.com – Satu unit lantai rumah warga di Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat,  tiba-tiba ambruk hingga 30 centimeter. Ambruknya lantai rumah warga tersebut, diduga akibat terjadinya gempa bersekala 5.3 SR yang terjadi pada sore selasa kemarin.

Rumah bantuan tsunami yang berkontruksi beton tersebut dibangun di atas tanah gambut,  akibat gempa pada selasa kemarin, mengakibatkan terjadinya pergeseran lempeng tanah sehingga adanya penurunan tanah mencapai 30 centi meter. Selain ambruknya lantai rumah, keretakan juga terjadi di beberapa bagian dinding, bahkan rumah terlihat mulai miring ke sebelah kiri.

Pemilik rumah, Putri Rumaiza Ulfa mengatakan, sebelum ambruknya lantai rumah tersebut,  pada saat gempa terjadi selasa kemarin memang sudah terlihat lantai rumah  mulai miring. Namun ia tidak menduga lantai rumah akan ambruk.

“Lantainya ambruk total dan dinding sebelah ruang tamu itu retak, bisa jadi gesekan akibat gempa kemarin karena gesekan terlalu kuat sehingga tanah didalam bergeser dan juga ini merupakan rumah bantuan pondasinya tidak kuat kemungkinan itu penyebab utamanya. Yang ditakutkan jika terjadi gempa susulan ditakutkan akan roboh”  Ujar Putri Rumaiza Ulfa,  pemilik rumah.

Putri dan keluarganya mengaku baru tinggal selama satu bulan di rumah tersebut, kini terpaksa mungungsi  lantaran kondisi rumah sudah tidak layak untuk ditempati. Selain itu juga dikhawatirkan apa bila terjadi gempa susulan, akan mengakibatkan rumah tersebut roboh total dan membahayakan keluarga mereka.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments