29.2 C
Banda Aceh
Kamis, 30 Mei, 2024

Dua Jembatan Gantung Di Aceh Utara Ambruk Diterjang Banjir

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme
Newspaper Theme

Aceh Utara – Pujatvaceh.com – Beginilah kondisi jembatan gantung yang menghubungkan Desa Riseh Teungoh dan Desa Gunci di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, yang ambruk diterjang banjir bandang beberapa hari lalu. Jembatan sepanjang 65 meter ini merupakan akses alternatif yang sering dilintasi masyarakat untuk mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan mereka.

Dalam video amatir yang direkam warga menunjukkan detik-detik banjir bandang memasuki aliran Sungai Krueng Sawang pada Jum’at sore 19 April 2024. Warga yang mengabadikan momen tersebut mencoba menyelamatkan diri untuk menghindari debit air yang terus bertambah dalam waktu singkat, debit air semakin tinggi dan merobohkan jembatan gantung tersebut.

Sementara jembatan induk rangka baja di Desa Sawang, Kecamatan Sawang, hanya mengalami kerusakan dan kondisinya telah miring. Jembatan ini sudah dua kali diterjang banjir besar sejak akhir tahun 2023. Debit air yang meninggi dan deras mengakibatkan tiang bagian bawah jembatan bergeser.

Meski kondisi jembatan telah mereng, masyarakat tetap melintasi jembatan ini meskipun pemerintah setempat menghimbau agar selalu berhati-hati pada saat melintasi, apalagi bagi kenderaan yang bermuatan berat, dikhawatirkan jembatan rangka baja ini roboh jika suatu saat banjir kembali menerjang dengan debir air yang tinggi.

“Hanya inilah satu-satu jalan akses ke kecamatan dan ke kabupaten karena kesana wilayah Bireuen dan disana lagi ada jembatan gantung yang tidak mungkin dilewati oleh mobil-mobil yang tonasenya tinggi sementara kita tahu bersama bahwa diatas itu adalah perkebunan rakyat dan komoditi sawit sehingga jika jembatan ini roboh efek besar yang dirasakan oleh masyarakat terutama menyangkut ekonomi jelas terganggu” ujar Mazinuddin, Camat Sawang.

Untuk jembatan gantung, terpantau di lokasi hingga Rabu, 24 April 2024, kondisinya sama sekali belum diperbaiki, bahkan puing puing jembatan masih berada di tengah tengah aliran sungai, kini, masyarakat sudah tidak dapat melintasi jembatan tersebut dan harus mencari alternatif lain untuk menuju antara desa riseh teungoh dengan desa gunci.

Masyarakat sangat berharap adanya penanganan dan respon yang serius dari pemerintah untuk segera memperbaiki atau membangun jembatan yang layak agar dapat kembali dilintasi guna memperlancar perekonomian masyarakat dan hasil pertanian.

“Jembatan itu memang bagus dan jembatan itu masih layak pakai cuman  karena dihantam banjir sehingga roboh jadi penyebab banjir makanya roboh, yang menghubungkan dua desa terutama sekali digunakan untuk mengangkut hasil panen serta jalan bagi anak sekolah” ungkap Syukri Puteh, Kepala Desa Riseh Teungoh.

Belum Sempat Jual Motor Curian, Pelaku Dibekuk Polisi

Aceh Utara – Pujatvaceh.com - Tim Reserse Kriminal Polres Aceh Utara menerima laporan warga yang kehilangan  sepeda motor saat sedang di parkir di dalam...

Butuh 43 Miliar Bangun Jembatan Ambruk Dan Perbaikan DAS Akibat Banjir Di Sawang

Aceh Utara – Pujatvaceh.com - Dua jembatan di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, yang diterjang banjir bandang Jum'at lalu akan segera ditangani dengan...

PNL dan PT Pupuk Iskandar Muda Sepakat Percepat Implementasi Kerjasama Yang Lebih Luas

PNL dan PT Pupuk Iskandar Muda Sepakat Percepat Implementasi Kerjasama Yang Lebih Luas Aceh Utara - pujatv.com : Manajemen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) melaksanakan kunjungan...

10 Partai Koalisi Keroyok Partai Aceh Di Pilkada Aceh Utara?

Aceh Utara – Pujatvaceh.com - Sebanyak 10 partai politik nasional dan partai lokal di Aceh Utara, mendeklarasikan diri untuk bergabung dalam koalisi Aceh Utara...

POPULERnew
Berita terpopuler