Jum'at (23/4), Marlinda sedang menjual menu berbuka puasa, yaitu sambai oen peugaga kuliner khas Aceh di jalan Garuda, Banda Aceh.

Banda Aceh- pujatvaceh.com- Kuliner khas Aceh sambal dari daun peugaga, atau warga lokal menyebutnya dengan sambai oen peugaga, selalu diburu warga sebagai menu untuk berbuka puasa.

Sambai oen peugaga ini terbilang sangat unik dan berkhasiat karena dibuat dengan racikan 44 jenis daun yang ada di hutan Aceh. Diantaranya, daun jeruk purut, daun mengkudu, daun peugaga, daun lawah atau jarak, daun tapak leman serta masih banyak lagi daun-daun yang sangat berkhasiat lainnya.

Uniknya, meski disebut sambal, tetapi kuliner ini hampir menyerupai urap atau anyang, maka tak heran kuliner tradisional dan mulai langka ini paling dicari selama bulan ramadhan tiba.

Selain nikmat, kuliner satu ini juga di yakini warga mampu meningkatkan imun tubuh ditengah pandemic, dan memiliki khasiat untuk kesehatan, sehingga warga menjadikan kuliner ini sebagai penganan khusus untuk berbuka puasa.

Marlinda, seorang penjual yang memulai usahanya untuk menjual sambai oen peugaga ini sejak zaman kepemimpinan Ibrahim Hasan, dan sudah memiliki langganan setiap Ramadhan.

“Setiap tahun saya selalu mencari potongan dedaunan halus ini, untuk buka puasa bersama keluarga.”, Fadil, salah seorang warga Kota Banda Aceh.

Nah, bagi Anda yang masih bingung, mencari referensi menu khas dan sehat untuk berbuka puasa di Banda Aceh, Tak ada salahnya untuk mencoba menikmati kuliner sambai oen peugaga, yang dijajakan oleh pedagang di sepanjang jalan Garuda kota Banda Aceh.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments