Aceh Utara – Pujatvaceh.com – Peringati HUT Republik Indonesia ke-77 sebanyak 40 desa di Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara ikuti perlombaan desa bersih dan sehat. Panitia yang terdiri dari Muspika Samudera turun langsung ke lokasi untuk menilai kebersihan desa, kelengkapan atribut serta program kesehatan yang rutin dilakukan oleh pihak desa.

Antusias masyarakat juga cukup tinggi, mulai dari pemasangan bendera merah putih, umbul umbul, serta rutin melakukan gotong royong setiap minggunya di seluruh dusun. Selain itu, pihak desa juga memiliki kelengkapan sarana dan prasarana untuk melakukan program penunjang kesehatan seperti pelaksanaan posyandu, menjaga kebersihan toilet, serta penyediaan sarana cuci tangan.

Kapolsek Samudera, Iptu Saprudin menyampaikan, kegiatan yang diikuti oleh 40 desa ini telah mempersiapkan segala kebutuhan perlombaan sebelum hari penilaian. Phaknya juga turut bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk memeriksa dokumen pelaksanaan maupun kelengkapan sarana program posyandu, serta adanya keberadaan tanaman obat yang dibudidayakan oleh masyarakat desa.

Saprudin menambahkan, saat ini pihaknya melakukan pengecekan secara mendadak dan pengecekan rutin. Dirinya berharap agenda ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya agar antusias masyarakat tetap tinggi menyambut peringatan HUT RI.

Selain menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, perlombaan tersebut juga diharapkan mampu menumbuhkan Jiwa Korsa atau daya juang dan meningkatkan kekompakan masyarakat di setiap desa.

“Sampai saat ini antusias warga luar biasa setelah kita imbau dan kita beritahu melalui geuchiknya. Kita sudah lakukan pengecekan secara terselubung sebelum kita lakukan pengecekan hari ini. Serta kita jangan sampai melupakan jasa sejarah yang telah berlalu dan kita tetap mendukung Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dari tahun ke tahun,” ucap Iptu Sapruddin.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments