Jalan Nasional Medan- Kutacane Lumpuh Total

Kutacane, Puja TV: Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Tenggara menyebabkan jalan Nasional Medan – Kutacane hingga lumpuh total.

 

Terpantau wartawan media ini lumpuhnya ruas jalan Nasional Medan – Kutacane tersebut, dikarena salah satu jembatan yang terletak di Desa Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam terputus dan tertimbun material lumpur, batu serta kayu gelondongan yang terbawa arus saat banjir bandang melanda kawasan tersebut.

 

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara Nazmi Desky, saat di konfirmasi wartawan media ini Jumat (15/04/22) mengatakan, kondisi banjir bandang terparah terjadi di Desa Lawe Beringin Gayo, Kecamatan Semadam. Katanya

 

Masih kata Nazmi, di Desa Lawe Beringin Gayo, Kecamatan Semadam sekitar 37 Kepala Keluarga (KK) dari 148 jiwa yang terdampak banjir bandang tersebut. Dan untuk sementara korban mengungsi ke posko yang sudah disiapkan dan sebagian mengungsi ke rumah saudaranya.

 

Selain menerjang pemukiman warga, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, jalan dan jembatan ikut terdampak dalam bencana banjir bandang tersebut.

 

“Total keseluruhan yang terkena banjir bandang ada empat Kecamatan di Aceh Tenggara, diantaranya, Kecamatan Lawe Sumur, Bambel, Lawe Sigala-Gala, Babul Makmur dan Kecamatan Semadam ini,” Ujarnya

 

Nazmi juga menjelaskan selain itu ratusan rumah warga terendam banjir, akses jalan nasional lintas Medan – Kutacane juga terendam lumpur dan dan batu besar serta kayu gelondongan, dan tidak bisa dilalui kendaraan lumpuh total, terpaksa kendaraan dari Kutacane yang hendak ke Medan maupun kendaraan yang dari Medan ke Kutacane memutar melalui jalan Kabupaten, Jelasnya

 

Sementara data rumah warga terdampak banjir bandang, yang di himpunan wartawan media ini, sebagai berikut diwilayah Kecamatan Bambel, banjir melanda Desa Pinding, Desa Kuning I dan Desa Lawe Hijo.

 

Selanjutnya di Kecamatan Semadam banjir melanda Desa Pasar Puntung, Desa Kampung Baru dan Desa Lawe Beringin Gayo. Kemudian di Kecamatan Lawe Sigala – Gala banjir hanya merendam satu desa yaitu Desa Kayu Mbelin.

 

Sedangkan di Kecamatan Lawe Sumur banjir melanda Desa Buah Pala, Desa Teger Miko dan Desa Kuta Lesung dan di Kecamatan Babul Makmur ada Desa Sejarahtera Baru.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments