Jembatan Terputus Dishub Agara Siapkan Tiga Jalur Alternatif Untuk Pengendara

 


Kutacane.Pujatvaceh.com : Putusnya jembatan di ruas jalan Nasional Medan – Kutacane akibat diterjang banjir bandang di Desa Lawe Beringin Gayo Kecamatan Semadam, Jumat(15/04/22).

Mengakibatkan kendaraan, roda dua, tiga, dan empat serta truck bermuatan besar yang ingin melintas dari arah Medan- Kutacane mengalami kesulitan.

Untuk mengatasi hal tersebut Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh Tenggara menyiapkan tiga jalur alternatif bagi kendaraan yang ingin melintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Aceh Tenggara Jahrul, kepada media ini mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga jalur alternatif untuk kendaraan yang ingin melintas dari arah Kutacane – Medan maupun sebaliknya dan Dishub sudah memasang rambu – rambu di beberapa titik ruas jalan.

“Kita sudah pasang rambu – rambu  di beberapa titik ruas jalan untuk memudahkan pengendara mengetahui jalan alternatif untuk melintas, ” Ujarnya.

Masih kata Ia, untuk jalur alternatif pertama, pihak Dishub sudah memasang rambu di titik ruas jalan Desa Bukit Sepakat, Lawe Sigala-Gala. Jalan tersebut merupakan jalan tembus menuju Desa Simpang Semadam dan jalur alternatif ini dikhususkan bagi kendaraan roda dua dan empat yang bermuatan kecil.

Selanjutnya jalur alternatif kedua, berada di Desa Lawe Serke, Lawe Sigala-Gala, dimana jalur tersebut bisa langsung tembus ke daerah Simpang Semadam, jalan itu juga dikhususkan bagi kendaraan roda dua dan mobil bermuatan kecil saja.

Dan jalur yang ketiga masih di Desa Lawe Serke namun jalur tembusnya menuju ke wilayah Kecamatan Tanoh Alas – Lawe Alas hingga keluar Desa Mbarung, Kecamatan Babussalam.

Untuk jalur ketiga ini, direkomendasikan  bagi semua jenis kendaraan, baik roda dua, tiga, empat dan enam, jalan itu juga bisa tembus menuju langsung  ke daerah Simpang Semadam, kata Jahrul.

Menurutnya jarak tempuh antara jalan Nasional yang lumpuh akibat banjir yang biasa dilalui kendaraan dengan jalur alternatif yakni, jalur pertama memiliki selisih jarak tempuh sejauh dua kilometer.

Sedangkan jalur alternatif kedua jarak tempuh lima kilometer semetara jalur alternatif yang ketiga selisih jarak tempuh dari jalan Nasional, kurang lebih hampir 10 kilometer, Jelanya.

Jahrul juga menambahkan dari hasil koordinasi dengan pihak BPBD, jembatan pehubung jalan Nasional Kutacane – Medan  yang terputus di Desa Lawe Beringin Gayo, Semadam, untuk sementara akan segera dibangunkan  jembatan dan akan memakan waktu kurang lebih sepekan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments