27.1 C
Banda Aceh
Senin, 22 April, 2024

Venue Cabang Arung Jeram PON ke XXI di Sungai Alas, Begini Sambutan Warga

Newspaper Theme

Terkininew
Berita terkini

Newspaper Theme
Newspaper Theme

Venue Cabang Arung Jeram PON ke XXI di Sungai Alas, Begini Sambutan Warga

Kutacane Pujatvaceh.com Sejumlah warga berbagai kalangan di Aceh Tenggara menyambut hangat atas penetapan Sungai Lawe Alas sebagai venue lokasi cabang olahraga arung jeram pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di tahun 2024 akan datang.

 

Mursal Gayo, perintis arung jeram yang sekaligus sebagai Guide Turis pada era tahun 1980 dan 1990, kepada Pujatvaceh.com Senin (18/07/2022), mengatakan penetapan venue lokasi cabang olahraga arung jeram di Sungai Alas untuk PON ke XXI tahun 2024, sangat didukung olehnya.

 

Selain sebagai kebanggaan, tentu menjadi peningkatan sektor pariwisata, yang mana pariwisata adalah alternatif pendongkrak perekonomian daerah maupun warga.

 

“Inilah kesempatan bagi stakeholder, khususnya bidang pariwisata untuk mempromosikan kembali Sungai Alas sebagai lokasi arung jeram yang sangat menantang,” katanya.

 

Dia mengatakan, arus Sungai Alas sangat menantang dan sangat wajar ditetapkan sebagai venue lokasi PON Aceh -Sumut yang akan digelar nanti. Hal itu, sesuai dengan pengalamannya sebagai pembuka arung jeram di Sungai Alas.

 

“Sungai Alas adalah lokasi yang pertama dilakukan, sehingga arung jeram dikenal dan disukai oleh para wisatawan. Pertama dilakukan, tepatnya sekitar di tahun 1985 bersama dengan wisatawan mancanegara yang dari Amsterdam dan Italia,” katanya.

 

Dia menyebutkan, saat itu konservasi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sangat disukai dan ramai dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara. Maka inilah momen yang tepat untuk melakukan persiapan agar Sungai Alas dan TNGL kembali ramai dikunjungi.

 

Sementara itu Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agara, Indra Wahyudi, mengatakan perkembangan arung jeram tidak dapat dilepaskan dari Sungai Alas.

 

“Disinilah berawal kegiatan arung jeram dikembangkan dalam ekspedisi Sungai Alas oleh tim Sobek Expedition pada awal tahun 80 an. Sejak itu perkembangan arung jeram secara komersil berkembang di Bali, Sulawesi dan Jawa Barat, hingga berkembang luas di tanah air,” sebutnya.

 

“Kejayaan Sungai Alas sebagai sungai paling menantang yang memiliki grade atau tingkat kesulitan mulai dari grade 3  dan 4, karena itu sangat cocok gelar arung jeram pada PON XXI 2024 akan datang,” tambahnya.

 

Dinilai Lamban Tangani Bencana, Pj Bupati Aceh Tenggara Di Demo Warga

Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com - Pendemo yang tergabung dari elemen pemuda, mendatangi kantor bupati menggunakan mobil dengan pengeras suara, serta kertas karton yang bertulis...

Akibat Banjir Bandang Di Aceh Tenggara, Jalan Nasional Lumpuh, Warga Masih Cemas

Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com - Tingginya curah hujan Rabu siang, mengakibatkan debit air di sungai kembali naik, serta akses jalan nasional Kutacane Medan mengalami...

Hanyut 10 Jam, Korban Banjir Bandang Di Aceh Tenggara Ditemukan

Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com - Tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara sekitar pukul delapan malam mengakibatkan Sungai Rikit Bur meluap dan  menerjang...

Banjir Bandang Susulan Terjang Aceh Tenggara, Warga Terpaksa Mengungsi

Aceh Tenggara – Pujatvaceh.com - Inilah detik-detik banjir bandang susulan terjadi, akibat intensitas hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan ratusan rumah warga...

POPULERnew
Berita terpopuler