Empat Kecamatan di Aceh Tenggara di Terjang Banjir Bandang

Kutacane, Puja TV:  Hujan deras dengan intensitas tinggi di wilayah Aceh Tenggara menyebabkan sejumlah anak sungai meluap hingga menerjang pemukiman warga di Kabupaten Aceh Tenggara, pada Kamis 14 April 2022, sekira pukul 22.00 WIB.

 

Luapan sungai tersebut mengakibatkan banjir bandang air bercampur lumpur dan kayu gelondongan serta batu menerjang rumah warga di salah satu Kecamatan di Aceh Tenggara.

 

Banjir bandang menerjang empat Kecamatan di wilayah Aceh Tenggara, banjir bandang terparah yakin di Kecamatan Semadam.

Data sementara yang di himpun wartawan media ini di salah satu Kecamatan, Kecamatan Semadam kurang lebih seratusan rumah warga rusak ringan dan 63 rumah warga rusak berat.

 

Bahkan  tumpukan kayu gelondongan dan batu masih menumpuk di jalan lintas provinsi, dan mengakibatkan salah satu jembatan di jalan lintas terputus.

 

Selain menerjang rumah warga, akses jalan lintas Kutacane-Medan di wilayah Desa Pasar Puntung, Kecamatan Semadam, Desa Kayu Mbelin, Kecamatan Lawe Sigala- gala, dan Desa Kuning Satu, Kecamatan Bambel tertimbun material longsor hingga akses jalan ini tidak bisa dilalui kendaraan.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Agara, Najmi Desky membenarkan sejumlah titik di empat kecamatan diterjang banjir meliputi Kecamatan Bambel, Desa Pinding, Desa Kuning I, Desa Lawe Hijo.

 

Kemudian di Kecamatan Semadam, Desa Pasar Puntung, Desa Kampung Baru. Di Kecamatan Lawe sigala-gala, Desa Kayu Mbelin. Selanjutnya, di Kecamatan Lawe Sumur, Desa Buah Pala, Desa Teger Miko, Desa Kuta Lesung Jelasnya

 

Untuk korban jiwa nihil, tidak ada, namun sejumlah rumah warga rusak ringan dan rusak berat bahkan ada beberapa rumah yang hanyut serta akses jalan nasional Medan – Kutacane, terputus.

 

Untuk penanganan, saat ini sejumlah alat berat berupa escavator telah diturunkan untuk membersihkan timbunan material di sejumlah lokasi. Ujarnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments